Kajian Teknis Penyimpanan, Pengumpulan, Pemanfaatan, Pengolahan dan Penimbunan Limbah B3

Kajian Teknis Penyimpanan, Pengumpulan, Pemanfaatan, Pengolahan dan Penimbunan Limbah B3

Dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (P3LH), terdapat mekanisme baru untuk integrasi Izin Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) dengan AMDAL atau UKL-UPL. Prosedur sebelumnya mengatur kewajiban pengurusan izin PPLH dilakukan setelah izin lingkungan diperoleh, dan usaha atau kegiatan telah berjalan. Namun hal ini dipandang menjadi salah satu penyebab panjangnya rantai birokrasi perizinan di Indonesia yang harus dipangkas.

Persetujuan teknis (Pertek) harus diperoleh terlebih dahulu, sebelum suatu rencana usaha dan atau kegiatan mengajukan persetujuan lingkungan. Sehingga seluruh pengelolaan lingkungan terintegrasi kedalam AMDAL atau UKL-UPL. Setelah Persetujuan Lingkungan diperoleh, pelaku usaha langsung mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk bangunan/fasilitas yang telah mendapatkan persetujuan teknis.

Untuk setiap usaha dan kegiatan yang melakukan pengumpulan, pemanfaatan, pengolahan dan penimbunan limbah B3, diperlukan kajian teknis yang mendalam dan komprehensif. Kajian teknis pengelolaan limbah B3 harus mampu menunjukkan bahwa sumber daya dan infrastruktur yang direncanakan dalam kegiatan pengelolaan limbah B3 telah memadai, dan tidak akan membawa dampak buruk terhadap lingkungan.

Kewajiban persetujuan teknis Limbah B3 dikecualikan bagi TPS Limbah B3 yang dihasilkan sendiri. Bagi jenis usaha penyimpanan, pengumpulan, pemanfaatan, pengolahan dan penimbunan Limbah B3, baik berupa kegiatan utama atau kegiatan penunjang, wajib dilengkapi dengan Pertek Limbah B3. Jenis kajian sangat ditentukan oleh spesifikasi limbah B3 yang akan dikelola. Sehingga substansi kajian teknis limbah B3 akan sangat berbeda antara satu kegiatan usaha dengan lainnnya. PT Mitra HIjau Indonesia siap bekerjasama untuk pembuatan kajian teknis penyimpanan, pengumpulan, pemanfaatan, pengolahan dan penimbunan limbah B3. Kajian teknis yang disediakan dapat sebatas aspek analisis dan kajian, atau sekaligus dengan perencanaan bangunan fasilitas pengelolaan limbah B3.

info lebih lanjut mengenai kajian teknis ini bisa hubungi langsung CV sabdo jagad untuk konsultasi.