ANALISIS KAJIAN SOSIAL EKONOMI TOSERBA

Pusat perbelanjaan modern berkembang pesat pada akhir-akhir ini. Pusat perbelanjaan ini diisi oleh berbagai pengecer (retailer). Perkembangan pusat perbelanjaan ini secara umum akan menguntungkan bagi konsumen karena semakin tersedia banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan bermunculannya perusahaan dagang yag bergerak pada  bidang perdagangan eceran yang berbentuk toko, minimarket, swalayan dan lain-lain. Di Ponorogo sendiri menjadi salah satu daerah yang berkembang cukup baik setelah adanya era otonomi daerah. Berbagai pencapaian telah dicapai oleh Kabupaten Ponorogo dalam melaksanakan pembangunan daerah utamnya di bidang ekonomi, meskipun masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi lagi. Pembangunan ekonomi Kabupaten Ponorogo mulai terlihat dengan adanya beberapa pengembangan potensi daerah. Hal itu terlihat dari mulai meningkatnya pengembangan sektor ekonomi seperti pembangunan sektor wisata sampai sektor perdagangan dan pendidikan.

Kajian Analisis Ekonomi Toserba harus dilakukan untuk mengurangi dampak sosial ekonomi yang menyertainya. Hal ini dilakukan agar Keberadaan Toserba tidak merugikan stakeholders. Stakeholders tersebut terdiri dari: masyarakat, konsumen, pedagang, pengembang dan pemerintah. Terkait upaya untuk meminimalisir dampak sosial ekonomi yang tidak diharapkan dan dalam rangka mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang terjadi sebagai keberadaan Toserba maka penelitian ini dilakukan. Sealin itu Kajian Analisis Ekonomi Toserba ini juga di gunakan sebagai pemenuhan perizinan yang ada di kabupaten Ponorogo sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sebagai konsultan kami dari cv sabdo jagad telah banyak melakukan kajian ekonomi swalayan surya dan juga swalayan indomaret, dll

Informasi lebih lanjut tentang kajian ekonomi bisa hub kami