Manfaat Mempunyai IMB

Manfaat IMB dalam pembangunan rumah dan renovasi yang diberikan oleh pemerintah kota. Dengan memiliki izin ini Anda akan dimudahkan segala hal yang berhubungan dengan urusan pemerintah. Untuk itu ada baiknya apabila Anda ingin melakukan pembangunan dan renovasi beberapa hal yang sebaiknya disiapkan yaitu biaya yang harus disiapkan, bahan bangunan dan waktu dalam proses pengerjaannya. Sayangnya beberapa orang sering kali mengesampingkan pengurusan IMB padahal akan memberikan beberapa manfaat antara lain sebagai berikut ini.

  1. Dengan memiliki IMB maka akan memudahkan untuk Anda dalam mendapatkan kepastian dan juga adanya perlindungan hukum. izin tersebut dilakukan agar bangunan tersebut mendapatkan kepastikan tidak mengganggu dan juga merugikan kepentingan orang lain. Sehingga apabila terjadi sesuatu negara akan memberikan perlindungan untuk menjadikan rumah yang dibangun menjadi lebih aman.
  2. Apabila Anda ingin menjual rumah tersebut umumnya pembeli akan menanyakan mengenai kepemilikan IMB. Sehingga akan memudahkan dalam menaikkan harga dari rumah tersebut. Akan tetapi apabila kepemilikan IMB tidak diketahui dan tidak ada. Maka pemilik baru enggan membeli dengan harga yang bagus. Sehingga sangat pentingnya IMB dalam membangun atau merenovasi rumah.
  3. Bahkan IMB bisa menjadi jaminan atau pun agunan jika Anda ingin meminjam uang. Hal ini karena IMB memiliki nilai sama seperti sertifikat tanah. Sehingga usahakan dalam penyimpan IMB harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh sembarangan. Dengan demikian akan menghindari kemungkinan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.
  4. Tak hanya menjadi syarat dalam jual atau pun beli akan tetapi juga bisa menjadi syarat mutlak dalam menyewa rumah. Dengan demikian usahakan apabila Anda ingin menyewakan atau menjual rumah tersebut pastikan untuk memilikinya agar menjadi lebih aman.

Setelah mengetahui mengenai manfaat IMB bagi pemilik rumah. Maka kenali juga mengenai prosedur pembuatan IMB. Dengan demikian akan membantu mendapatkan informasi yang diinginkan.

prosedur yang sebaiknya Anda ketahui untuk pengurusan IMB antara lain yaitu:

  • Mulai dengan mengajukan permohonan P2B dan juga melengkapi berkas yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan dalam rangka mendirikan bangunan baru atau pun merenovasinya. Segala hal yang diharuskan dengan lengkap untuk memaksimalkan informasi yang ada.
  • Jika seluruh berkas sudah diterima kantor pemerintahan. Maka petugas dari P2B akan segera melakukan pencocokan antara berkas dengan lapangan apakah sudah sesuai.
  • Apabila segalanya berjalan dengan lancar maka akan segera diberikan izin untuk pembangunan. Dengan demikian akan memaksimalkan kemudahan yang diberikan untuk langkah selanjutnya.
  • Pembangunan yang dilakukan dapat dengan mudah dijalani. Sehingga sembari menunggu mengenai adanya IMB yang diberikan.

Apabila seluruh prosedur dijalani maka akan mudah dalam mendapatkan IMB. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat IMB sangatlah banyak terlebih untuk mempermudah segala urusan yang menyangkut di pemerintahan

Artikel lain tentang IMB Seluk-beluk IMB

Jika anda ingin dibantu dalam pengurusan IMB, kami dari CV sabdo jagad bersedia membantunya, hubungi kami.

Contact