Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Konsultan AMDAL

Pada Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan Pasal 10 dan 11 diatur beberapa hal mengenai siapa yang diperbolehkan menyusun AMDAL. Secara rinci isi dari Pasal 10 dan 11 PP No. 27 Tahun 2012 adalah sebagai berikut:

 Pasal 10

(1) Pemrakarsa dalam menyusun dokumen Amdal dapat dilakukan sendiri atau meminta bantuan kepada pihak lain.

(2) Pihak lain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi penyusun Amdal:
a. perorangan; atau
b. yang tergabung dalam lembaga penyedia jasa penyusunan dokumen Amdal.

(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara dan persyaratan untuk mendirikan lembaga penyedia jasa penyusunan dokumen Amdal sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b diatur dengan Peraturan Menteri.

 Pasal 11

(1) Penyusunan dokumen Amdal wajib dilakukan oleh penyusun Amdal yang memiliki sertifikat kompetensi penyusun Amdal.

(2) Sertifikat kompetensi penyusun Amdal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperoleh melalui uji kompetensi.

(3) Untuk mengikuti uji kompetensi sebagaimana dimaksud pada ayat (2), setiap orang harus mengikuti pendidikan dan pelatihan penyusunan Amdal dan dinyatakan lulus.

(4) Pendidikan dan pelatihan penyusunan Amdal sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diselenggarakan oleh lembaga pelatihan kompetensi di bidang Amdal.

(5) Uji kompetensi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan penerbitan sertifikat kompetensi dilaksanakan oleh lembaga sertifikasi kompetensi penyusun Amdal yang ditunjuk oleh Menteri.

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai sertifikasi kompetensi penyusun Amdal, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan penyusunan Amdal, serta lembaga sertifikasi kompetensi penyusun Amdal diatur dengan Peraturan Menteri.

 

Dengan demikian, ketika akan memilih Konsultan AMDAL untuk membantu perusahaan ada, ada beberapa hal harus diperhatikan, yaitu:

(1) Pastikan Anda berkomunikasi langsung dengan Penyusun AMDAL, penanggung jawab perusahaan konsultan AMDAL (Lembaga Penyedia Jasa Penyusun (LPJP) AMDAL). Daftar penyusun AMDAL antara lain bisa Anda cek di tautan: http://lsp-lh.intakindo.or.id/sertifikat.php

Sedangkan daftar Lembaga Penyedia Jasa Penyusun AMDAL bisa Anda cek di tautan: http://standardisasi.menlhk.go.id

(2) Tidak semua konsultan lingkungan yang biasa menyusun dokumen UKL-UPL atau Laporan Ijin Lingkungan memiliki kompetensi untuk menyusun AMDAL. Untuk itu pastikan Anda berkomunikasi dengan pihak-pihak yang tepat seperti yang telah disebutkan pada nomor 1 di atas; karena konsultan UKL-UPL yang tidak memiliki kompetensi untuk menyusun AMDAL biasanya men-subkontrak-kan pekerjaan AMDAL yang mereka dapatkan ke pihak ketiga, dengan demikian biaya yang ditawarkan menjadi lebih tinggi.

(3) Pada dasarnya Penyusun AMDAL dan LPJP AMDAL dapat bekerja di seluruh Indonesia, namun untuk mengefisienkan biaya, ada baiknya Anda memilih Penyusun AMDAL atau LPJP AMDAL yang domisilinya paling dekat dengan lokasi kegiatan Anda.

 

PT. KONSULINDO adalah perusahaan yang dibentuk oleh para personil yang telah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang jasa konsultasi lingkungan hidup. Top management PT. KONSULINDO dipegang langsung oleh Ketua Tim Penyusun AMDAL (KTPA) yang memiliki Sertifikat Kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi – Lingkungan Hidup – Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (LSP-LH-INTAKINDO), sekaligus salah satu asesor di LSP tersebut. PT. KONSULINDO juga telah memiliki Tanda Registrasi Lembaga Penyedia Jasa Penyusun (LPJP) AMDAL dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan nomor registrasi 0141/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLH. Apabila Anda membutuhkan jasa penyusunan Dokumen AMDAL silahkan hubungi kami langsung untuk berkonsultasi dan mendapatkan harga yang paling reasonable.